Breaking News
Home / Tech / Cara Mengatasi Gagal Instal Pada Windows 8 & 10

Cara Mengatasi Gagal Instal Pada Windows 8 & 10

Assalamu’alaikum. Wr. Wb.

     Mungkin sebagian orang merasa jengkel ya..bila Komputer atau laptop kita tidak bisa di instal OS windows yang lebih baru… bisa buat pusing kepala, memang masalah instalasi itu tidak bisa dibuat remeh meskipun sebenarnya menurut orang tuh.. gampang-gampang susah, maksudnya gimana sih ? oke pembahasan kali ini memang mengenai permasalahan atau trobleshot instalai pada windows 8 & 10.

     Kenapa sih harus instal OS Windows yang lebih baru ? mungkin itu pertanyaan yang sering kita jumpai, yaaa.. gak terlalu beda sih fitur-fiturnya dengan windows pendahulunya tapi kita tidak ada salahnya juga kan mencoba windows yang baru, laptop sekarang memang direkomendasikan untuk versi os yang baru karena memang teknologi yang terbenam di komputer atau laptop kita tuh sudah mumpuni dan canggih semua

     Maksudnya ?, oke. jadi gini serbenarnya bukan komputer atau laptop kita sih yang salah, cuman kita aja yang perlu lebih mengerti lagi tentang bagaimana langkah-langkah yang harus dipahami sebelum menginstal komputer atau laptop seperti halnya spesifikasi arsitektur prosessor apakah dia support x64 bit atau x32, kapasitas ram, dan dll.

     Yang pertama harus cek adalah apakah BIOS kita pakek UEFI atau Legacy, Legacy adalah teknologi bios yang ada pada komputer lama sedangkan UEFI adalah teknologi BIOS pada komputer sekarang atau yang lebih baru, untuk lebih lengkapnya kalian bisa browsing ke mbah google…

     Dan yang perlu diketahui lagi adalah pada hardisk kita itu pakek Format Partition Style yang bagaimana apakah memakai model MBR (Master Boot Record) atau GPT (Guide Partition Style), model format partition style mempunyai kelebihan masing-masing, yang kita perlu garis bawahi adalah OS Windows 8 atau 10 lebih optimal bila memakai Partition Style GPT karena partition ini lebih baru dan lebih cangging dalam mengelolah file system, jadi apabila kalian memakai bootable instalasi CD atau FlashDisk dengan instalasi model GPT dan hardisk kalian memakai format MBR maka pada waktu pembagian partisi hardisk kalian akan dijumpai peringatan “Windows cannot be installed to this disk. The selected disk is not of the GPT partition style”.

     Begitu juga sebaliknya bila Bootable yang kalian gunakan memakai MBR dan hardisk yang akan diinstal mamakai format GPT maka yang muncul akan “Windows cannot be installed to the disk. The disk is of the GPT partition style”. untuk mengecek komputer atau laptop kita memakai format MBR atau GPT bisa ke tools Disk Menagement dan bisa klik properties pada hardisk yang ingin dilihat partition styelnya terus klik menu Volumes disana ada keterangan format hardisk kalian.

Atau bisa melalui CMD caranya masuk ke cmd atau Klik Win+R ketik CMD lalu bila menu cmd muncul ketik diskpart tunggu beberapa saat sampai keterangan DISKPART> lalu ketikkan lagi list disk, bila format kita MBR maka pada colums keterangan GPT tidak ada tanda bintang, sebaliknya bila format kita gpt maka ada gambar bintang yang tertera. melalui cmd ini juga bisa dilakukan apa bila kalian tidak bisa masuk windows atau windowsnya error caranya masukkan bootable windows yang akan diinstal sebelum pembagian partisi atau sebelumnya klik Shift+F10 lalu tadaa.. muncul deh Command Promtnya.

Untuk format Partition Style Windows 8 atau 10 secara deflaut adalah GPT, jadi disarankan bila kita menginstal windows 8 atau 10 hardisk kita memakai format GPT, terus gimana dong.. kalau format hardisknya MBR ??.. ini dia yang menjadi pembahasan kali ini yaitu kita bisa clean harddisk untuk merubahnya, waduhhh berarti semua file yang ada dihardisk kita ke hapus dong ??.. tenang itu memang cara yang ampuh dan simple, tapi adakalanya itu tidak efektif karena masak kita harus backup dulu semua isi filenya, sedangkan isinya banyak sekali.. pusing daah, tenang kalian bisa pakek softwere pihak ketiga seperti AMOEPartition atau aplikasi yang lainnya kalau saya sih Pakek AMOEParition, tapi syaratnya sebelum instal Softwere ini untuk menconvert MBR ke GPT atau sebaliknya Windows kalian harus x64 bit.

Kalau kalian memang tidak ingin ambil pusing, jalan pintasnya adalah apabila hardisk kalian MBR bisa melalui Software Bootable Rufus disitu kalian bisa pilih format MBR untuk Bootable windowsnya, cara ini memang simple tidak perlu merubah format hardisknya tapi cara ini tidak direkomendasikan karena untuk komputer atau laptop sekarang tuh udah canggih jadi gunakan dong Fitur-fiturnya biar lebih maksimal gitu kinerjanya. oke mungkin itu yang bisa saya share tentang Trobleshot untuk masalah instalasi OS kali ini bila ada yang salah atau kekeliruan mohon masukkannya ya… silahkan Comment di bawah ini..

Wassala’alaikum. Wr. Wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *